• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Membangun Citra Indonesia pada Forum G20 Melalui Instagram Tahun 2022

    Thumbnail
    View/Open
    Faryangga Zakariya Putra_190910101144_Skripsi.pdf (1006.Kb)
    Date
    2024-07-29
    Author
    PUTRA, Faryangga Zakariya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada tahun 2022 Indonesia menjadi tuan rumah forum G20 dimana tahun tersebut merupakan masa peralihan dari masa covid-19 ke era New Normal. Pemerintah menggunakan tema “Recover Together, Recover Stronger” untuk mengkampanyekan tentang bagaimana kita harus bangkit dari masa covid-19 yang melumpuhkan pada seluruh sektor. Oleh karena itu, di era digital ini pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri Indonesia mengunggah tentang mengapa tema tersebut digunakan dan unggahan agenda agenda forum G20. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi media sosial Instagram yang digunakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk membangun citra positif Indonesia dalam Forum G20 tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini mengkaji penerapan konsep strategi, diplomasi publik, nation branding, dan media sosial melalui kerangka 4D oleh Alexander Buhmann dan Diana Ingenhoff. Fokus utama penelitian ini adalah pada empat dimensi: fungsional, normatif, estetika, dan simpatetik. Penelitian ini menggunakan teori dari Buhmann dan Ingenhoff (2015) tentang nation branding yang mencakup perencanaan strategis dan implementasi strategis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman (1992) yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi media sosial Instagram yang diterapkan oleh Kementerian Luar Negeri berhasil mencapai tujuan nation branding dengan efektif. Strategi ini mencakup pembaruan konten, penyampaian nilai-nilai, penggunaan elemen visual yang menarik, dan penciptaan hubungan emosional yang kuat. Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya integrasi aspek fungsional, normatif, estetika, dan simpatetik dalam strategi media sosial untuk memperkuat citra positif suatu negara di mata dunia.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124915
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5741]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository