Show simple item record

dc.contributor.authorKAMILA, Wahidatur Rizqi
dc.date.accessioned2025-01-15T05:06:14Z
dc.date.available2025-01-15T05:06:14Z
dc.date.issued2024-06-25
dc.identifier.nim180210204010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124878
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi pada abad 21 telah masuk ke berbagai aspek kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah satu elemen penting untuk menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas tidak luput dari dampak adanya perkembangan teknologi yang semakin masif. Android sebagai salah satu produk dari adanya perkembangan teknologi menjadi perangkat yang telah banyak digunakan oleh masyarakat tidak terkecuali oleh peserta didik di sekolah dasar, namun penggunaannya masih terbatas hanya untuk bermain dan berselanjar di media sosial. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan dalam melaksanakan pembelajaran masih belum maksimalkan penggunaan media pembelajaran terlebih yang berbasis teknologi. Guru cenderung menggunakan buku paket dalam proses pembelajaran sehingga, peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis android, serta validitas, efektifitas, dan kepraktisan media pembelajaran berbasis android untuk kelas V di SDN Pakisan 1 Bondowoso. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall hanya pada tahap ke 8. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, dan subjek penelitian mencakup peserta didik kelas V di SDN Pakisan 1 Bondowoso yang telah menerapkan kurikulum Merdeka. Uji validasi produk pengembangan dilakukan dengan memvalidasi pada 2 orang validator yang terdiri dari validator ahli media dan praktisi. Uji keefektifan produk pengembangan dilakukan dengan menggunakan uji t terhadap hasil belajar dari pre- test dan post-test peserta didik serta uji keefektifan relatif. Selain itu, dilakukan pula uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil pengisian angket. Data respon peserta didik kemudian dianalisis menggunakan rumus untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk pengembangan. Media pembelajaran yang dikembangkan telah dilakukan uji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diperoleh, media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan termasuk media yang valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan atau validitas media pembelajaran berbasis android dievaluasi melalui uji validasi yang dilakukan oleh validator ahli media dan ahli praktisi. Hasil validasi media pembelajaran berbasis android memperoleh skor Valpro sebesar 97,5 dengan kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan media pembelajaran berbasis android memperoleh hasil dengan persentase sebesar 44,25%, dikategorikan sebagai tingkat keefektifan sedang. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan merupakan media yang efektif untuk diterapkan. Selain itu, dari perspektif kepraktisan media pembelajaran mendapat persentase kepraktisan sebesar 91,83 yang diklasifikasikan sebagai sangat praktis.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Drs. Nuriman, Ph.D. Pembimbing Anggota Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.P.Fis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Androiden_US
dc.subjectBelajar Topik Cahayaen_US
dc.subjectKabupaten Bondowosoen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Topik Cahaya dan Sifatnya pada Peserta Didik Kelas V di SDN Pakisan 1 Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.P.Fis.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 23 September 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record