Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Subtema 4 Materi Pembagian pada Siswa Kelas III SDN Kencong 01 Kab. Jember
Abstract
Matematika mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak masyarakat awam yang menganggap bahwa salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit adalah matematika. Khususnya di sekolah dasar, dalam pembelajaran matematika masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika dan memahami konsep dasar matematika. Penerapan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar, dan lebih mudah memahami konsep dasar matematika. Papan pintar merupakan salah satu media yang digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep dasar matematika khususnya materi pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Smart Board terhadap hasil belajar materi tema 1 subtema 4 siswa kelas III SDN Kencong 01 Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t, dan uji efektivitas relatif (ER). Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran smart board terhadap hasil belajar materi pembagian tema 1 subtema 4 siswa kelas III SDN Kencong 01 Kabupaten Jember. Pengaruh tersebut diketahui dari perhitungan uji t yang telah dilakukan yaitu thitung ≥ ttabel (2,991 ≥ 1,689). Hasil uji efektivitas relatif menunjukkan bahwa 55,6% dipengaruhi oleh penggunaan media smart board, dan 44,4% dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Kata Kunci: media pembelajaran smart board, matematika, hasil belajar