Analisis Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmetika Sosial Ditinjau dari Kemandirian Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa SMP pada materi aritmetika sosial ditinjau dari kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII G di SMP Nuris Jember yang dipilih berdasarkan skor angket kemandirian belajar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan instrumen angket kemandirian belajar, tes literasi matematis yang terdiri dari dua soal uraian materi aritmetika sosial, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan permasalahan pada soal siswa dengan kemandirian belajar sedang hanya merumuskan situasi secara matematis dan menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematis, serta belum menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika dalam penyelesaian soal tersebut. Selain itu, dalam menyelesaikan permasalahan pada soal siswa dengan kemandirian belajar tinggi merumuskan situasi secara matematis menggunakan simbol dan model yang sesuai, menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika dalam langkah-langkah penyelesaian yang dilakukan serta menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika dengan menuliskan kesimpulan yang didapat serta memberikan alasan yang mendasari kesimpulan tersebut.