• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eufemisme dan Disfemisme pada Wacana Lingkungan: Sebuah Kajian Ekolinguistik terhadap Tuturan Emil Salim dalam Acara 'Rosi'

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (962.0Kb)
    Date
    2024-07-23
    Author
    LESTARI, Dinda Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kajian ini mendeskripsikan eufemisme dan disfemisme dalam wacana lingkungan hidup dengan pendekatan ekolinguistik dalam acara “Rosi” di kanal Youtube Kompas TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan ungkapan atau tuturan seseorang yang dijadikan data dan memahami lebih dalam tentang makna konteks tuturan yang ada pada tuturan subjek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah video kompilasi lima bagian video yang diunggah di kanal Youtube program Kompas TV “Rosi” yang berjudul “Catatan Kritis Emil Salim: Dari Lingkungan Menuju Kereta Cepat”. Data dalam penelitian ini adalah tuturan Prof Emil Salim, yang terindikasi memiliki unsur eufemisme dan disfemisme dalam wacana lingkungan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 30 data dengan 11 macam tipe satuan ekspresi eufemisme dan disfemisme, 22 data yang dianalisis dengan 4 bentuk satuan ekspresi eufemisme dan disfemisme, 29 data yang dianalisis dengan 12 macam fungsi satuan ekspresi eufemisme dan disfemisme. Berdasarkan temuan penelitian dapat diartikan bahwa fungsi eufemisme dan disfemisme tidak bergantung pada tipe atau bentuknya, namun harus melihat konteks tutur. Jenis tuturan yang digunakan Emil Salim dalam penggunaan satuan ekspresi eufemisme dan disfemisme merupakan sesuatu yang dinyatakan secara langsung maupun tidak langsung tetapi berfungsi untuk keperluan tertentu. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman secara kontekstual.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124752
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository