Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Quizwhizzer Untuk Mengukur Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMP
Abstract
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan mulltirepresentasi siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas, reliabilitas, daya beda instrumen dan tingkat kesukaran instrumen penilaian berbasis Quizwhizzer untuk mengukur kemampuan Multirepresentasi siswa SMP. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pembelajaran Borg and Gall. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMPN 2 Ajung tahun pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan multirepresentasi melalui instrumen berbasis Quizwhizzer. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan beberapa uji yaitu uji validitas (validitas ahli dan validitas empiris), uji reliabilitas, uji daya beda instrumen dan uji tingkat kesukaran instrumen. Uji validitas menggunakan rumus Product-Moment Coefficient untuk mengetahui apakah instrumen tersebut valid atau tidak, dengan menggunakan nilai signifikansi sebesar 0,05/5%. Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown untuk mengetahui instrumen yang digunakan untuk penelitian yang reliabel. Analisis hasil penelitian menggunakan SPSS versi 25.0 dan Microsof Excel menunjukkan hasil yang diperoleh valid dan reliabel. Sedangkan analisis data pada uji daya beda dan tingkat kesukaran instrumen menggunakan Microsoft Excel. Pengembangan Instrumen Penelitian berbasis Quizwhizzer ini dapat meningkatkan kemampuan Multirepresentasi siswa SMP.