Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbantuan Liveworksheets untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Balok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS) berbantuan Liveworksheets pada materi balok yang valid, reliabel, dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang praktis dan efektif. Pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan angket kepada 32 peserta didik SMP Muhammadiyah 6 wuluhan. Hasil analisis data validasi menunjukkan bahwa instrumen HOTS memperoleh skor sebesar 3,71 dari skala 4. Hasil uji coba soal yang dikembangkan sejumlah lima soal yang valid dan layak, dengan skor reliabilitas yang tinggi sebesar 0,617. Uji tingkat kesukaran menunjukkan bahwa terdapat tiga soal dengan kategori sedang, satu soal dengan kategori mudah, dan satu soal dengan kategori sukar. Uji daya pembeda soal menunjukan bahwa terdapat tiga soal dengan kategori sangat baik , satu soal dengan kategori baik, dan satu soal dengan kategori sangat jelek. Rata-rata respon siswa sebesar 91,56% artinya siswa memberikan respon yang positif dalam penggunaan website Liveworksheets dalam penerapan instrumen penilaian HOTS. Hasil analisis efektivitas instrumen HOTS berbantuan Liveworksheets memperoleh skor rata-rata 60,37% berada pada kategori tinggi.