• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbantuan Liveworksheets untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Balok

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI FINAL_Lailatul Ilmiah.pdf (4.561Mb)
    Date
    2024-06-05
    Author
    ILMIAH, Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS) berbantuan Liveworksheets pada materi balok yang valid, reliabel, dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang praktis dan efektif. Pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan angket kepada 32 peserta didik SMP Muhammadiyah 6 wuluhan. Hasil analisis data validasi menunjukkan bahwa instrumen HOTS memperoleh skor sebesar 3,71 dari skala 4. Hasil uji coba soal yang dikembangkan sejumlah lima soal yang valid dan layak, dengan skor reliabilitas yang tinggi sebesar 0,617. Uji tingkat kesukaran menunjukkan bahwa terdapat tiga soal dengan kategori sedang, satu soal dengan kategori mudah, dan satu soal dengan kategori sukar. Uji daya pembeda soal menunjukan bahwa terdapat tiga soal dengan kategori sangat baik , satu soal dengan kategori baik, dan satu soal dengan kategori sangat jelek. Rata-rata respon siswa sebesar 91,56% artinya siswa memberikan respon yang positif dalam penggunaan website Liveworksheets dalam penerapan instrumen penilaian HOTS. Hasil analisis efektivitas instrumen HOTS berbantuan Liveworksheets memperoleh skor rata-rata 60,37% berada pada kategori tinggi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124727
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15494]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository