• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS TINGKAT KOGNITIF TES KOMPETENSI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS IX BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (810.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    ABDUL HAMID NASRULLOH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP kelas IX, berjudul Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk Kelas IX SMP/ MTs, diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008 dan disusun oleh Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti. Penelitian dimulai dengan viii mengumpulkan soal tes kompetensi yang terdapat dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs kelas IX, kemudian mengklasifikasikan soal menurut tingkat kognitif sesuai dengan Taksonomi Bloom, menentukan persentase masingmasing tingkat kognitif soal, mengkaji hasil dari semua data yang diperoleh, dan menarik kesimpulan. Analisa data yang digunakan merupakan analisa deskriptif. Data yang terkumpul dalam penelitian deskriptif dapat diklasifikasikan menjadi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dapat dijabarkan dengan kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk menarik kesimpulan. Data kuantitatif berupa hasil perhitungan melalui proses untuk mendapatkan persentase. Berdasarkan hasil penelitian Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP kelas IX, berjudul Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX SMP/ MTs, diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008 diperoleh informasi tentang jumlah soal Tes Kompetensi adalah 180 soal, namun terdapat 10 soal yang tidak jelas atau tidak sesuai dengan pokok bahasan, sehingga jumlah soal yang dianalisis sebanyak 170 soal. Dari hasil analisis diperoleh persentase tingkat kognitif Tes Kompetensi berdasarkan Taksonomi Bloom pada buku tersebut adalah adalah 22,9% aspek pengetahuan (C1); 50,6% aspek pemahaman (C2); 16,5% aspek aplikasi (C3); 8,9% aspek analisis (C4); 1,1% aspek sintesis (C5); dan 0% evaluasi (C6).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12464
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository