• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Anindya_Repository Unej.pdf (1.474Mb)
    Date
    2023-08-15
    Author
    MARDIYANI, Anindya Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan pemahaman pengetahuan dan kemampuan analisis. Kemampuan pemecahan masalah melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan menjadi tolak ukur dalam menilai siswa. Seringkali kemampuan memecahkan masalah menjadi landasan siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini menguji pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pujer. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen sebagai kelas yang menerapkan model penemuan berbantuan Simulasi PhET dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding. Hasil kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan berbantuan Simulasi PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik. Kelas eksperimen mempunyai pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan mau mencari tahu secara mandiri. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan masalah sering terjadi pada tahap pengecekan ulang baik pada kelas kontrol maupun eksperimen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124626
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository