Pengembangan Media Lift-the-Flap-Book pada Materi Teks Narasi Sejarah Kelas V SDN Paseban 2 Kencong Kabupaten Jember
Abstract
Pembelajaran di kelas akan mencapai tujuan secara efektif, apabila ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran. Salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran yaitu keterampilan berbicara peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik melalui penggunaan media lift-the-flap-book. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan media lift-the-flap- book. Peserta didik diberikan tes keterampilan berbicara dan angket respons peserta didik untuk mengetahui keberhasilan produk media. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui keberhasilan produk media. Hasil analisis data mengenai kelayakan produk memperoleh skor 87 dengan kategori sangat layak. Keefektifan produk media, dilihat melalui hasil belajar peserta didik terhadap keterampilan berbicara, memperoleh skor 85,29 yang termasuk dalam kategori snagat efektif, Hasil analisis data mengenai kepraktisan produk media memperoleh skor 85,05 termasuk dalam kategori sangat positif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, media lift-the-flap-book dapat dinyatakan valid, efektif, dan praktis.