Transaksi Jual Beli Kendaraan Bermotor di Showroom Bambang Sport Kabupaten Banyuwangi: Suatu Kajian Etnografi Komunikasi
Abstract
Showroom adalah suatu tempat yang tidak lain merupakan terjadinya transaksi jual beli kendaraan bemotor bekas yang merupakan terjadinya pranata yang sistem normatif dalam mengatur rangkaian perilaku beroola untuk memenuhi kebutuhan khusus manusia dalam bermasyarakat (Koentjaraningrat, 2009:133). Salah satu jenis pranata tersebut adalah pranata ekonomi seperti Showroom Bambang Sport Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan transaksi jual beli kendaraan bermotor secara kredit dan kontan di Showroom Bambang Sport Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif model etnografi spardley. Hasil peneloitian ini adalah transaksi jual beli antara konsumen dan pemilik showroom membentuk pola komunikasi yang dialogis direktif-ekspresif. Kontruksi tema budaya dari aktivitas komunikasi transaksi jual beli ini adalah bahwa aktivitas transaksi akan efektif dan berjalan lancar apabila pemilik showroom menguasai keseluruhan informasi terkait produk yang dijual dan memiliki ketrampilana dalam berkomunikasi dengan konsumen.