Sistem Administrasi Kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Delta Lamongan
Abstract
Praktik Kerja Nyata ini dilaksanakan di PT BPR Delta Lamongan, Jalan
Babat-Jombang No. 59, Podang, Karangkembang, Kecamatan Babat, Kabupaten
Lamongan. Kegiatan ini berlangsung dalam jangka waktu kurang lebih selama dua
bulan mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 4 Mei tahun 2023. Praktik Kerja
Nyata ini dilakukan sebagai syarat untuk kelulusan Diploma III. Selama Praktik
Kerja Nyata berlangsung penulis mendapatkan pengalaman dan pemahaman
mengenai Sistem Administrasi Kredit pada PT BPR Delta Lamongan. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memiliki peran penting bagi kehidupan
masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah. Masyarakat tersebut
biasanya memerlukan dana tambahan untuk meningkatkan taraf hidupnya.
Biasanya mereka memiliki usaha untuk ditingkatkan ataupun ingin membuka usaha
kecil-kecilan untuk memperoleh hasil agar tetap hidup. Peran penting BPR sendiri
adalah memberikan dana pinjaman kepada masyarakat untuk kebutuhan
masyarakat masing-masing yang lebih berfokus pada masyarakat yang memiliki
usaha. BPR memiliki kegiatan yang lebih sempit dibandingkan dengan Bank
umum, karena BPR hanya fokus pada penghimpunan dana dan memberikan
pinjaman berupa kredit kepada masyarakat yang lebih pada kepentingan usahanya,
sedangkan pada Bank Umum kegiatannya lebih kompleks dan pemberian dana
bersifat universal dan memiliki prosedur yang lebih kompleks dari BPR, oleh
karena itu masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman dengan nominal kecil dan
tahapan yang mudah dapat menuju ke BPR. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan pada
PT BPR Delta Lamongan mulai tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan 4 Mei
2023, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
a. Proses pemberian kredit Pinjaman Berjangka Angsuran (PBA) dan
Pinjaman Berjangka Tetap (PBT) melalui beberapa tahapan yaitu dari
permohonan kredit, pemilihan produk kredit verifikasi SLIK (BI Checking),
verifikasi on the spot (survey usaha calon debitur untuk produk PBT) dan
menganalisa kemampuan membayar pinjaman yang dilakukan oleh Admin
Kredit, verifikasi agunan oleh pihak marketing, pengikatan calon debitur
dengan PT BPR Delta Lamongan, dan pencairan kredit setelah segala
persyaratan terpenuhi.
b. Selama kegiatan Praktik Kerja Nyata di PT BPR Delta Lamongan proses
pemberian kredit yang dilakukan adalah membantu input berkas data
nasabah pada laporan permohonan kredit, membantu menuliskan dokumen
kredit, mencari file data nasabah pada arsip, membantu admin kredit dalam
memilah data nasabah yang mengajukan kredit di atas 5 Juta untuk
dinotariskan, dan mencari file nasabah yang telah lunas untuk disisihkan
dari nasabah aktif.
c. Selama kegiatan Praktik Kerja Nyata di PT BPR Delta Lamongan penulis
melakukan administrasi pencatatan agunan pada buku dengan memasukkan
format nomor kredit, nama debitur, alamat debitur, plafond atau dana kredit,
jenis agunan yang diberikan, dan jenis pengikatan yang sesuai berdasarkan
agunan yang diberikan