Show simple item record

dc.contributor.authorRAHAYU, Febrianti Ragil Mukti
dc.date.accessioned2024-11-18T07:24:37Z
dc.date.available2024-11-18T07:24:37Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.nim200210204031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124580
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractModel pembelajaran abad 21 mengharuskan siswa untuk memiliki keterampilan 4C yakni Critical Thingking, Communication Skills, Collaboration Skills, dan Creative Thingking. Keterampilan tersebut perlu dimiliki siswa melalui aktivitas belajar mengajar termasuk pada pelajaran IPA. Namun dalam implementasi pembelajaran IPA ternyata guru masih mengalami hambatan dalam penggunaan model pembelajaran yang mencakup keterampilan 4C terutama collaboration skills siswa. Minimnya collaboration skills yang dikuasai oleh siswa tentu bisa berdampak pada pemahamannya terkait topik/materi yang sedang dieksplorasi, kurangnya peran aktif hingga sikap saling menghargai dan saling bekerja sama antar siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap collaboration skills siswa kelas V SDN 1 Asembagus? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen berjenis quasi eksperimen, dan desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Terkait dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dilakukan diawal sebagai bentuk pretest dan akhir sebagai bentuk posttest. Adapun lembar observasi yang digunakan mengacu pada indikator collaboration skills teori Greinstein yang terdiri dari 5 indikator. Terkait dengan tempat penelitian dilakukan di SDN 1 Asembagus dengan total subyek 45 siswa. Siswa kelas VA sebanyak 23 orang dan siswa kelas VB sebanyak 22 orang. Sebelum perlakuan, dilakukan uji homogenitas guna mengetahui apakah variasi setiap kelompok sama atau tidak. Uji homogenitas menggunakan nilai harian materi sebelumnya dengan hasil nilai Sig. yang tertera pada kolom Based on Mean yakni 0,528 0,05, sehingga dapat dikatakan data homogen atau dengan kata lain kemampuan awal siswa adalah sama. Selanjutnya ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrolnya dengan cara random sampling. Setelah dilakukan undian didapatkan hasil bahwa kelas VA menjadi kelas eksperimen dan kelas VB menjadi kelas kontrol. Pada penelitian ini, kelas eksperimen menerapkan model PBL berbantuan media audio visual dan kelas kontrol menerapkan model discovery learning. Sehingga perbedaan kelas kontrol dan eksperimen terletak pada model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan analisis data penelitian, rata-rata skor keterampilan collaboration skills siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor keterampilan collaboration skills siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Sig. (2-tailed) 0,066 < 0,05. Selain itu, hasil perhitungan menunjukkan nilai . Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan dengan df 43 pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,681. Artinya model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan collaboration skills siswa. Pembelajaran menggunakan model PBL dapat mengaktifkan keterampilan kolaboratif siswa, pertukaran pengetahuan untuk memecahkan masalah dan menghasilkan ide, rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas individu dan kelompok, serta presentasi tugas yang telah diselesaikan merupakan bagian dari pencapaian tujuan bersama.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Drs. Nuriman, Ph. D Pembimbing Anggota Arik Aguk Wardoyo, S. Pd. M. Pfisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMedia Audio Visualen_US
dc.subject4C (Critical Thingking, Communication Skills, Collaboration Skills, Creative Thingking)en_US
dc.subjectPelajaran IPAen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap Collaboration Skills Siswa Kelas V SDN 1 Asembagusen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph. D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S Pd. M. PFis.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 14 November 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record