• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Kelas VII

    Thumbnail
    View/Open
    Yusron Muhammad_170210101105 (1.050Mb)
    Date
    2024-07-24
    Author
    MUHAMMAD, Yusron
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika adalah ilmu eksak yang menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan lainnya berupa pola dari struktuk, perubahan, dan ruang. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting di sekolah karena dapat meningkatkan pengetahuan siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Dalam pembelajaran matematika siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir logis dan berpikir kemampuan berpikir secara sistematis. Matematika penting dalam kehidupan sehari-hari, maka matematika perlu dipahami dan dikuasai semua lapisan masyarakat. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, instuisi dan penemuan, dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinal, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencobacoba. Dengan berpikir kreatif diharapkan siswa mampu menyelesaikan masalah atau soal dengan berbagai ide atau gagasan yang luas. Penelitian ini dilakukan untuk menyimpulkan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 1 Kencong yang terdiri 35 siswa kemudian dipilih 4 siswa yang memenuhi setiap indikator masing-masing tingkatan berdasarkan poin yang diperoleh pada pengerjaan soal tes. Adapun tahapan pada penelitian ini adalah 1) Pendahuluan yaitu menentukan daerah penelitian, membuat dan mengurus surat perijinan penelitian, observasi pada daerah penelitian dan menentukan subjek beserta jadwal penelitian, 2) Menyusun Instrumen, 3) Uji Validasi, 4) Memberi soal tes berpikir kreatif materi peluang dan wawancara, 5) Analisis Data, 6) Kesimpulan. Berdasarkan analisis data validasi instrumen, didapatkan rerata (Vα) untuk soal tes uraian matematika yaitu 3,7 dan untuk wawancara yaitu 3,7, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua instrumen tersebut termasuk dalam kategori valid dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Selanjutnya soal tes uraian materi peluang tersebut diberikan kepada siswa dan dilanjutkan wawancara untuk siswa yang terpilih pada penelitian ini. 20% siswa pada kategori TKBK 0 (Tidak Kreatif), siswa pada tingkat ini hanya dapat memberikan jawaban tetapi tidak memahami permasalahan yang diberikan. Sehingga siswa memberikan jawaban dengan penyelesaian yang kurang tepat. Siswa yang berada pada kategori TKBK 1 (Kurang Kreatif) sebesar 69%, siswa pada tingkat ini sudah bisa memberikan jawaban benar dengan menggunakan metode yang sering digunakan siswa lain. Tidak ada siswa pada kategori TKBK 2 (Cukup Kreatif) dalam menyelesaikan soal peluang karena tidak bisa hanya memunculkan indikator flexibility atau novelty. Dalam menyelesaikan tes soal peluang ini siswa dapat memunculkan indikator fluency dahulu sebelum memunculkan indikator flexibility dan novelty. Siswa yang berada pada kategori TKBK 3 (Kreatif) sebesar 9%, siswa yang dapat memahami permasalahan yang ada pada soal sehingga dapat memberikan jawaban benar dan berbeda-beda. Namun pada tingkat ini tidak ada siswa yang memunculkan indikator novelty hanya dapat memunculkan indikator fluency dan flexibility. Siswa yang dapat memunculkan semua indikator berada pada kategori TKBK 4 (Sangat Kreatif) sebesar 3%, siswa juga dapat menemukan ide-ide baru dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124577
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository