• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Etnomatematika pada Tari Kumoro Cindhe Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    DEBY BERLIANA 20021024141.pdf (6.329Mb)
    Date
    2024-08-02
    Author
    BERLIANA, Deby
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika dianggap sulit dibandingkan dengan mata pelajaran lain, sehingga berpengaruh terhadap perkembangan akademik peserta didik. Hal tersebut timbul karena matematika yang disampaikan di sekolah terlalu abstrak, umumnya pendidik menyampaikan pembelajaran langsung melalui rumus tanpa penjabaran akar dari rumus tersebut, sehingga peserta didik hanya hafal tanpa memahaminya. Selain itu, pembelajaran perlu dikaitkan dengan kehidupan nyata. Pembelajaran relevan berguna agar peserta didik lebih mudah memahami sehingga dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika yang relevan dapat diambil dari budaya sekitar yaitu melalui etnomatematika. Di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi terdapat adat tradisi berupa ritual Kumoro. Ritual Kumoro merupakan ritual untuk meminta keberkahan hujan. Ritual ini hampir hilang keberadaannya akibat berkembangnya zaman dan tidak adanya pelaku penerus ritual. Budaya ini akhirnya diabadikan melalui seni tari Kumoro Cindhe yang digunakan sebagai pokok penelitian eksplorasi etnomatematika supaya dapat dimanfaatkan oleh pendidik sebagai perangkat pembelajaran dan juga mengenalkan kepada peserta didik budaya yang pernah ada di daerah sekitar mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus pada tiga unsur tari Kumoro Cindhe yaitu pola lantai, kostum dan properti, dan gerakan tangan pada tari Kumoro Cindhe. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan maka digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan langsung di Sanggar seni Sayu Wiwit. Lalu dilakukan wawancara terhadap 3 pelaku seni yaitu pembuat tari sekaligus pemilik sanggar tari yaitu Bapak Julaidik, pembuat baju tari Kumoro Cindhe yaitu Ibu Ida, dan penari dari tari Kumoro Cindhe yaitu Alm. Alfianto. Hasil dari Observasi dan wawancara diabadikan melalui dokumentasi baik dalam bentuk gambar, catatan, maupun rekam suara. Data penelitian yang di peroleh lalu direduksi dan disajikan untuk diulas. Hasilnya Tari Kumoro Cindhe memiliki unsur etnomatematika di dalamnya. Etnomatematika dalam tari Kumoro Cindhe mencakup konsep geometri, yaitu bangun datar, garis, sudut, dan titik. Bangun datar antara lain segitiga, segi empat, segi banyak, dan lingkaran yang ada pada pola lantai, kostum, properti dan gerakan tangan tari Kumoro Cindhe Banyuwangi. Etnomatematika yang ditemukan digunakan sebagai Bahan ajar berbasis etnomatematika yang mencakup materi Geometri kelas I sekolah dasar sesuai dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka tahun 2021.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124574
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15500]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository