Show simple item record

dc.contributor.authorSOESENO, Kanat Taqiyya
dc.date.accessioned2024-11-18T03:39:04Z
dc.date.available2024-11-18T03:39:04Z
dc.date.issued2024-10-03
dc.identifier.nim190210101005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124564
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractTKemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa yang harus dikembangkan pada abad 21. Kemampuan ini dipengaruhi oleh keterlibatan siswa pada proses pembelajaran matematika. Guru diharapkan mampu menciptakan kegiatan pembelajaran dimana siswa terlibat aktif dengan cara menggunakan pendekatan, metode, strategi yang sesuai dengan kondisi kelas. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mampu mendorong keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan RME merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan konsep matematika dengan realitas kehidupan. Untuk menerapkan pendekatan ini, guru juga membutuhkan bahan ajar, yaitu salah satunya lembar kerja siswa (LKS). LKS dapat menjadi alternatif lain yang mempermudah siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta terlibat aktif dalam proses berpikir kritis. Akan tetapi, pada kenyataannya LKS yang bertujuan memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran masih terbatas dan LKS yang digunakan tidak menarik dari segi penyajian. Hal ini mengakibatkan siswa tidak mampu menemukan sendiri konsep-konsep terkait materi yang dipelajari dan tidak tertarik untuk mempelajari LKS. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu membuat LKS yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses dan hasil pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau dikenal sebagai model 4-D (four-D model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tempat pelaksanaan uji coba penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Situbondo dengan subjek uji cobanya adalah siswa kelas VIII E yang terdiri dari 29 siswa. Uji coba ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, yaitu pada tanggal 21, 23, 28, dan 30 November 2023. Hasil pengembangan LKS pada penelitian ini menunjukkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan LKS diperoleh dari uji validasi yang dilakukan oleh tiga validator dengan nilai Va sebesar 2,86 dan dapat dikategorikan valid. Kepraktisan LKS diperoleh dari angket respon siswa dengan persentase sebesar 95% yang tergolong sangat praktis dan hasil wawancara guru dengan persentase respon positif sebesar 100% yang tergolong sangat baik. Keefektifan LKS diperoleh dari hasil belajar siswa yang telah tuntas secara klaksikal karena jumlah siswa yang tuntas KKM sebesar 68,97%. Selain itu, hasil belajar siswa juga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa hingga diperoleh 4 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong rendah, 2 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong sedang, 5 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong tinggi, dan 18 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong sangat tinggi.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd. Pembimbing Anggota Dhanar Dwi Hary Jatmiko, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan Lembar Kerja Siswaen_US
dc.subjectRealistic Mathematics Education (RME)en_US
dc.subjectSistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)en_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dhanar Dwi Hary Jatmiko, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 November 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record