• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik pada Bagian Pelayanan Umum di Kantor Kecamatan Tempurejo

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Nazwa watermark.pdf (2.624Mb)
    Date
    2024-07-23
    Author
    HUAIDA, Nazwa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam penyelenggaraan pelayanan publik tentu terdapat sebuah visi dan misi yang perlu dicapai agar pelayanan tersebut diterima dengan baik oleh penerima layanan. Pelayanan yang baik tentu juga didasari dengan pegawai yang profesional sebagai pemberi layanan. Sehingga untuk mengetahui apakah pelayanan tersebut sudah cukup memuaskan dikalangan masyarakat digunakanlah perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN No 14 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik. Pada Kantor Kecamatan Tempurejo masih terdapat beberapa pelayanan yang kurang, yang dibuktikan dengan beberapa data sekunder yang didapat peneliti dan pernyataan salah satu masyarakat yang telah selesai melakukan pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel sebanyak 87 responden. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah menyelesaikan pelayanan di Kantor Kecamatan Tempurejo. Data yang diperoleh kemudian diuji validitasnya menggunakan uji product moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach alpha pada SPSS 25. Selanjutnya disajikan data yang valid dan reliabel untuk dianalisis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat dalam PERMENPAN Nomor 14 Tahun 2017. Nilai IKM pada Kantor Kecamatan Tempurejo sebesar 79,95 pada kualitas pelayanan “B” dan kategori “baik” dengan penilaian yang telah disesuaikan dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat pada unit penyelenggara pelayanan publik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124534
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository