Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Aspek Pemahaman Materi Teks Berita di Kelas VIII MTsN 2 Kediri
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dan siswa di lingkungan belajar. Kegiatan belajar mengajar tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berarti pencapaian kompetensi materi. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran inovtaif yang diyakini dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi teks berita bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi teks berita di kelas VIII MTsN 2 Kediri, mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pebelajaran berbasis masalah, dan mengetahui serta mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi teks berita di kelas VIII MTsN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Hasil dari penelitian ini adalah RPP yang digunakan guru Bahasa Indonesia memiliki kesesuaian dengan komponen isi sehingga layak digunakan, penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar, dan hasil belajar siswa berada pada kategori sempurna dan baik sekali berdasarkan konversi PAP skala sebelas.