Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Indah Khofifah Nadila
dc.date.accessioned2024-10-28T07:00:12Z
dc.date.available2024-10-28T07:00:12Z
dc.date.issued2024-07-23
dc.identifier.nim200210204201en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124495
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 28 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractProses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menjadi wadah bagi peserta didik dapat menciptakan pembelajaran yang efisien dengan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar peserta didik. Media pembelajaran harus dapat menarik perhatian peserta didik dan dapat meningkatkan peserta didik untuk semangat belajar seperti media ular tangga, Media pembelajaran ular tangga adalah media yang secara tidak langsung dapat menyampaikan materi IPS khususnya pada kearifan lokal Jember. Pembelajaran kearifan lokal sangat penting untuk diterapkan dan perlu adanya penekanan untuk mengintegrasikan kearifan lokal dalam materi pembelajaran dengan harapan peserta didik tidak mengalami degradasi atau memudarnya budaya luhur yang diakibatkan oleh derasnya arus globalisasi. Berdasarkan permasalahan, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal Jember ? dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal Jember ? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 10 tahapan, tetapi dilakukan sampai 8 tahapan saja karena sudah menjawab rumusan masalah yang telah dipaparkan. Penelitian dilakukan di SDN Suco 02 Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket, dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan lembar validasi. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal Jember telah memenuhi tiga kriteria yaitu: (1) kevalidan, berdasarkan hasil analisis dan validasi dari tiga validator yaitu validasi media diperoleh skor 86, hasil validasi bahasa diperoleh skor 98, dan hasil validasi materi diperoleh skor 94 dalam kategori sangat layak; (2) keefektifan, berdasarkan hasil perhitungan uji t-test Independet Sampling pada ranah kognitif memperoleh hasil thitung > ttabel (4.518 > 1,690) sehingga dapat diketahui bahwa nilai thitung lebih besar ttabel. Hasil uji keefektifan relatif media pembelajaran ular tangga menunjukkan persentase skor sebesar 59% dalam ketegori keefektifan sedang; (3) kepraktisan, berdasarkan hasil uji kepraktisan melalui angket peserta didik menunjukkan skor sebesar 82 yang dikategorikan bahwa media sangat praktis. Saran yang dapat diberikan pada peserta didik, perlunya dorongan semangat agar peserta didik termotivasi saat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran. Bagi guru, penggunaan media pembelajaranguru dapat lebih cermat dalam memilih media yang sesuai dengan peserta didik, sehingga media pembelajaran tersebut membuat peserta didik lebih antusias dam paham materi yang sedang diajarkan. Bagi peneliti lain, disarankan dapat mengintegrasikan kearifan lokal dengan media pembelajaran lain, serta mengembangkan ranah hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd DPA: Dr. Agus Arifandi, M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectUlar Tanggaen_US
dc.subjectKearifan Lokal Jemberen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal Jember Materi Indonesiaku Kaya Budaya untuk Peserta Didik Kelas IV SDN Suco 02en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)en_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Agus Arifandi, M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorrepo_ratna_Oktober 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record