Promosi Paket Wisata Melalui Platform Instagram pada Biro Perjalanan Wisata Malang Travelista
Abstract
Malang Travelista merupakan perusahaan di bidang biro perjalanan wisata
yang melayani beberapa jasa seperti paket wisata, sewa transportasi, dan custom
tour. Pada penjualan produk paket wisatanya dibutuhkan promosi untuk bersaing,
Instagram merupakan salah satu media sosial yang efektif untuk mempromosikan
paket wisata Malang Travelista. Hal ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk
melakukan promosi sebagai usaha untuk meningkatkan branding dari Malang
Travelista. Dari banyaknya biro perjalanan yang ada di Kota Malang saat ini,
sebuah biro perjalanan tentu harus memiliki sebuah keunggulan kompetitif dalam
menghadapi persaingan antar biro perjalanan.
Dalam mengelola sosial media, Malang Travelista dibantu content planner
untuk membuat konten yang bersifat promosi, edukatif, informatif, menarik serta
memperluas jangkuan pasar. Pemanfaatan konten tersebut dituangkan kedalam
konten Instagram yang terpecah menjadi beberapa macam. Diantaranya seperti
feed, reels, dan story yang dapat menunjang promosi dalam memasarkan paket
wisata yang dijual oleh Malang Travelista. Konten Instagram yang dibuat aktif
dan menerapkan konten yang kreatif mengikuti tren dapat berperan sebagai alat
startegis dalam memasarkan dan memperkuat citra positif Malang Travelista
sebagai biro perjalanan yang rekomen untuk digunakan wisatawan. Kesimpulan
yang dihasilkan selama melakukan pembuatan konten Instagram Malang
Travelista dapat memberikan pengaruh baik untuk Malang Travelista, kerena
bentuk promosi melalui Instagram dapat meningkatkan branding Malang
Travelista.