Pengembangan Media Pembelajaran Teks Pendek Berbasis Canva Interaktif untuk Kelas IX SMP/MTs
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Proses pencapaian tujuan pembelajaran akan lebih efektif dengan media pembelajaran interaktif. Peserta didik akan lebih antusias mengikuti pembelajaran ketika menggunakan media pembelajaran audio-visual. Guru dapat memanfaatkan aplikasi maupun website Canva untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam mengakses sumber belajar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang berfokus pada tiga tahap, yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Penghitungan presentase kelayakan media pembelajaran dari respon siswa maupun validator (ahli dan praktisi) secara keseluruhan mendapatkan hasil 86%. Dengan demikian presentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran teks cerita pendek berbasis canva interaktif untuk SMP/MTs kelas IX layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Media pembelajaran teks cerita pendek berbasis canva interaktif juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari 10 siswa yang mengikuti uji coba terbatas, terdapat 8 siswa yang mendapat nilai >75 dan 2 siswa mendapat nilai <75. Bentuk media pembelajaran teks cerita pendek berbasis canva interaktif memuat 8 menu, yaitu 1) menu pembuka, 2) menu utama, 3) menu pembelajaran, 4) menu contoh, 5) menu penilaian, 6) menu permainan, 7) menu informasi, dan 8) menu petunjuk.