dc.contributor.author | PRATIWI, Feby Dewi | |
dc.date.accessioned | 2024-10-22T08:26:46Z | |
dc.date.available | 2024-10-22T08:26:46Z | |
dc.date.issued | 2024-07-22 | |
dc.identifier.nim | 200210302045 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124460 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Critical Thinking skill dan Creative Thinking Skill merupakan kemampuan yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran abad 21. Fakta menunjukkan bahwa kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah di kalangan siswa sehingga menjadi kendala dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah juga mempunyai permasalahan yang dipicu oleh kurangnya keseriusan dan kedisiplinan siswa dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model self-regulated learning berbantuan aplikasi Brainly critical thinking skill dan creative thinking Skill dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI.7, XI.8, XI.9 dan XI.11. Hasil tes critical thinking skill ANCOVA pada tabel corrected model menunjukkan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05), maka secara simultan pretest dan model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap critical thinking skill siswa. Selanjutnya hasil kolom model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 (0,005 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tes creative thinking Skill ANCOVA pada tabel corrected model menunjukkan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05), maka secara simultan pretest dan model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap creative thinking Skill siswa. Selanjutnya hasil kolom model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (0,001 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model self-regulated learning berbantuan aplikasi Brainly terhadap critical thinking skill dan creative thinking Skill dalam pembelajaran sejarah. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Nurul Umamah, M.Pd.
DPA: Drs. Marjono, M.Hum. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Self Regulated Learning | en_US |
dc.subject | Critical Thinking Skill | en_US |
dc.subject | Creative Thinking Skill | en_US |
dc.subject | Aplikasi Brainly | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Sejarah | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Self Regulated Learning Berbantuan Aplikasi Brainly terhadap Critical Thinking Skill and Creative Thinking Skill dalam Pembelajaran Sejarah | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nurul Umamah, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Marjono, M.Hum. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Agustus_2024 | en_US |