• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION DILENGKAPI PERFORMANCE ASSESSMENT PADA SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI 1 GLENMORE TAHUN AJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (128.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Titus Windhiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis data memperlihatkan bahwa presentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebelum dilaksanakan tindakan (observasi awal) adalah 34,67%, pada siklus 1 sebesar 73,80% dengan kategori aktif dan pada siklus 2, sebesar 83,77% dengan kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan (observasi awal) adalah sebesar 10%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 41,19% dan pada siklus 2 sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) Meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan model problem-based instruction dilengkapi performance assessment dilakukan dengan menerapkan tahap-tahap yang terdapat dalam model serta menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung. Model ini, menekankan pada kemampuan dan peran aktif siswa saat kegiatan pembelajaran serta memberikan pengetahuan yang bermakna bagi siswa. Dengan demikian aktivitas belajar siswa akan meningkat diikuti dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. (2) Aktivitas belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore pada pembelajaran dengan model problem-based instruction dilengkapi performance assessment mengalami peningkatan dari 34,67% pada observasi awal menjadi 73,80% pada siklus 1 dan 83,77% pada siklus 2. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore pada pembelajaran dengan model problem-based instruction dilengkapi performance assessment mengalami peningkatan dari 10% pada observasi awal menjadi 41,19% pada siklus 1 dan 90,32% pada siklus 2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12446
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository