• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Tingkat Berfikir Sejarah Siswa Kelas XI di MAN 2 Jember pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Reta Nirmala Mulyo (2.145Mb)
    Date
    2024-07-04
    Author
    MULYO, Reta Nirmala
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Historical Thinking atau berfikir sejarah menjadi salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran sejarah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berfikir sejarah turut sert dalam mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik, seperti kemampuan dalam mengurutkan suatu peristiwa atau periodisasi, peserta didik mampu berfikir sesuai konteks yang sedang dibahas tidak hanya dalam pembelajaran namun dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, kemampuan memahami mengapa suatu persitiwa menyebab peristiwa lainnya atau yang biasa disebut kausalitas baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memilah sumber atau dokumen sejarah yang hal ini juga dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyatakan bahwa berfikir sejarah memiliki peranan penting tidak hanya dalam pembelajaran sejarah itu saja namun juga pada pembelajaran lain dan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat berfikir sejarah siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah indonesia? Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 dan XI IPA 5 MAN 2 JEMBER dengan jumlah peserta didik 59 peserta didik dan satu kelas sebanyak 29 peserta didik untuk diujikan validitas dan reliabilitsny. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan wawancara menggunakan alat analisis data SPSS. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa tingkat berfikir sejarah siswa pada semua indikator dikatakan tinggi dengan mean tertinggi yaitu 3,487.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124451
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository