• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Bermain Kartu Huruf dengan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia Dini di KB Taman Bocah Asembagus

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Auliya Hamzah (944.6Kb)
    Date
    2024-05-03
    Author
    HAMZAH, Nur Auliya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini merupakan kelompok usia yang harus dialami oleh setiap orang sebelum beranjak dewasa. Anak-anak biasanya tertarik pada sesuatu yang menyenangkan, karena bermain sangat penting dan diperlukan untuk anak usia dini. pembelajaran anak usia dini perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, usia, dan kebutuhan individu anak. Beberapa menerima untuk belajar segera, sementara yang lain belajar perlahan. Permainan merupakan kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar. Kartu huruf ialah penggunaan sejumlah kartu sebagai alat bantu untuk belajar membaca dengan cara melihat dan mengingat bentuk huruf dan gambar yang disertai tulisan dari makna gambar pada kartu. Peneliti tertarik untuk meneliti apakah bermain kartu huruf berhubungan secara signifikan terhadap kemampuan daya ingat anak usia dini. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah adakah hubungan antara efektivitas bermain kartu huruf dengan kemampuan daya ingat anak usia dini di KB taman bocah Asembagus Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara efektivitas bermain kartu huruf dengan kemampuan daya ingat anak usia dini di KB taman bocah Asembagus kabupaten Situbondo. Manfaat yang diharapkan yaitu dapat menjadi tambahan informasi dan referensi sebagai pengembangan dari keilmuan Pendidikan Luar Sekolah.Penelitian menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat Penelitian dilaksanakan di KB Taman Bocah Asembagus, Kabupaten Situbondo. Teknik penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling dengan responden berjumlah 22 anak didik mewakili seluruh populasi anak yang bersekolah di KB Taman Bocah Asembagus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni korelasi tata jenjang. Observasi rubrik penelitian terdiri dari 17 butir pernyataan yang kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil analisa yang dilakukan didapatkan rhitung sebesar 0,663 dengan hubungan efektifitas bermain kartu huruf dengan kemampuan daya ingat anak sebesar 66,3% dengan kriteria hubungan tinggi. Hubungan antara bermain kartu huruf (keberhasilan) dengan kemampuan daya ingat anak usia dini sebesar 0,554 dengan kriteria hubungan sedang, hubungan antara bermain kartu huruf (Perubahan) dengan kemampuan daya ingat anak usia dini sebesar 0,616 dengan kriteria tinggi, hubungan antara bermain kartu huruf dengan kemampuan daya ingat anak usia Dini di KB Taman Bocah Asembagus Kabupaten Situbondo sebesar 0,663 dengan kriteria tinggi. Jadi, efektifitas bermain kartu huruf memiliki hubungan dengan kemampuan daya ingkat dari aspek keberhasilan dan perubahan anak usia dini di KB Taman Bocah Asembagus Situbondo. Kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bermain kartu huruf dan kemampuan daya ingat anak menunjukkan bahwa penggunaan kartu huruf sebagai alat bantu belajar dapat berkontribusi positif terhadap kemampuan mengingat anak. Ini berarti bahwa anak-anak yang terlibat dalam aktivitas bermain kartu huruf cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak dan memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dan orang tua untuk menggunakan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada pengembangan teori pendidikan, tetapi juga memberikan panduan praktis untuk meningkatkan proses belajar anak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124428
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository