Efektivitas Bermain Kartu Huruf dengan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia Dini di KB Taman Bocah Asembagus
Abstract
Anak usia dini merupakan kelompok usia yang harus dialami oleh setiap
orang sebelum beranjak dewasa. Anak-anak biasanya tertarik pada sesuatu yang
menyenangkan, karena bermain sangat penting dan diperlukan untuk anak usia
dini. pembelajaran anak usia dini perlu disesuaikan dengan tingkat
perkembangan anak, usia, dan kebutuhan individu anak. Beberapa menerima
untuk belajar segera, sementara yang lain belajar perlahan. Permainan merupakan
kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat
meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar.
Kartu huruf ialah penggunaan sejumlah kartu sebagai alat bantu untuk
belajar membaca dengan cara melihat dan mengingat bentuk huruf dan gambar
yang disertai tulisan dari makna gambar pada kartu. Peneliti tertarik untuk
meneliti apakah bermain kartu huruf berhubungan secara signifikan terhadap
kemampuan daya ingat anak usia dini. Adapun rumusan masalah pada penelitian
ini ialah adakah hubungan antara efektivitas bermain kartu huruf dengan
kemampuan daya ingat anak usia dini di KB taman bocah Asembagus Kabupaten
Situbondo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara
efektivitas bermain kartu huruf dengan kemampuan daya ingat anak usia dini di
KB taman bocah Asembagus kabupaten Situbondo.
Manfaat yang diharapkan yaitu dapat menjadi tambahan informasi dan
referensi sebagai pengembangan dari keilmuan Pendidikan Luar
Sekolah.Penelitian menggunakan jenis penelitian korelasional dengan
pendekatan kuantitatif. Tempat Penelitian dilaksanakan di KB Taman Bocah
Asembagus, Kabupaten Situbondo. Teknik penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling
dengan responden berjumlah 22 anak didik mewakili seluruh populasi anak yang
bersekolah di KB Taman Bocah Asembagus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yakni korelasi tata jenjang. Observasi rubrik penelitian terdiri dari 17
butir pernyataan yang kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata
jenjang dengan menggunakan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil analisa yang dilakukan
didapatkan rhitung sebesar 0,663 dengan hubungan efektifitas bermain kartu huruf
dengan kemampuan daya ingat anak sebesar 66,3% dengan kriteria hubungan
tinggi. Hubungan antara bermain kartu huruf (keberhasilan) dengan kemampuan
daya ingat anak usia dini sebesar 0,554 dengan kriteria hubungan sedang,
hubungan antara bermain kartu huruf (Perubahan) dengan kemampuan daya
ingat anak usia dini sebesar 0,616 dengan kriteria tinggi, hubungan antara
bermain kartu huruf dengan kemampuan daya ingat anak usia Dini di KB Taman
Bocah Asembagus Kabupaten Situbondo sebesar 0,663 dengan kriteria tinggi.
Jadi, efektifitas bermain kartu huruf memiliki hubungan dengan kemampuan
daya ingkat dari aspek keberhasilan dan perubahan anak usia dini di KB Taman
Bocah Asembagus Situbondo.
Kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bermain
kartu huruf dan kemampuan daya ingat anak menunjukkan bahwa penggunaan
kartu huruf sebagai alat bantu belajar dapat berkontribusi positif terhadap
kemampuan mengingat anak. Ini berarti bahwa anak-anak yang terlibat dalam
aktivitas bermain kartu huruf cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik
dibandingkan dengan yang tidak dan memberikan rekomendasi praktis bagi
pendidik dan orang tua untuk menggunakan kartu huruf sebagai media
pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada
pengembangan teori pendidikan, tetapi juga memberikan panduan praktis untuk
meningkatkan proses belajar anak.