• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Program Aksara Kejar Paket C PKBM Bina Cendekiawan Genteng Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Lina Firdaus-200910201038.pdf (1.310Mb)
    Date
    2024-07-04
    Author
    FIRDAUS, Nurul Lina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi Program AKSARA Kejar Paket C PKBM Bina Cendekiawan Genteng, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu program yang bisa di akses oleh masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah kesetaraan SMA. Berdasarkan keputusan Bupati Banyuwangi nomor: 188/567/KEP/429.011/2021 tentang program Akselerasi Sekolah Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah ketua PKBM dan warga belajar Paket C pada PKBM Bina Cendekiawan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik triangulasi data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ada yang menentukan materi pembelajaran, metode tutor dan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran antara lain berdiskusi dengan tutor dan menjawab pertanyaan dalam modul. PKBM Bina Cendekiawan juga menerapkan pembelajaran keterampilan kepada siswa untuk menghasilkan beberapa produk yang dijual, seperti coklat chip. Namun ditemukan juga beberapa kendala yaitu warga tidak belajar tepat waktu dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan masih rendah sehingga perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat. Melalui inovasi Akselerasi Sekolah Masyarakat (AKSARA), diharapkan rata-rata pendidikan di Kabupaten Banyuwangi dapat bergerak dan menjadi alternatif dalam meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Banyuwangi. Undang-undang No. 20 Tahun 2002 tentang Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa hasil pendidikan nonformal setara dengan pendidikan formal setelah melalui proses penilaian oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau daerah dengan mengacu pada standar nasional. Kata kunci: Aksara, Program Kesetaraan, Implementasi Paket C
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124398
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5691]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository