dc.contributor.author | NURFADILAH, Ade | |
dc.date.accessioned | 2024-10-10T02:17:58Z | |
dc.date.available | 2024-10-10T02:17:58Z | |
dc.date.issued | 2024-07-23 | |
dc.identifier.nim | 20021024043 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124388 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 10 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh media flash
card berbasis kearifan lokal Bondowoso terhadap hasil belajar siswa materi Pendidikan
Pancasila kelas IV SDN Tamanan 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini yaitu menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji normalitas, uji-t, dan efektifitas relatif. Berdasarkan perhitungan uji-
t diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran flash card
berbasis kearifan lokal Bondowoso terhadap hasil belajar siswa materi pendidikan
pancasila kelas IV SDN Tamanan 2. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan
ER pada ranah kognitif yaitu 34,375% yang termasuk dalam kategori sedang. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. DPU: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.
2. DPA: Fathan Fihrisi, M.Pd.I. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media flash card | en_US |
dc.subject | Materi Pendidikan Pancasila | en_US |
dc.subject | Kabupaten Bondowoso | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Bondowoso Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Tamanan 2 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fathan Fihrisi, M.Pd.I. | en_US |
dc.identifier.validator | repo_Ratna_Agustus_2024 | en_US |