Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Aktivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember
Abstract
Tindak tutur ekspresif sering ditemukan dalam aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Tindak tutur ekspresif yang dimaksud adalah tindak tutur ekspresif guru kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola, fungsi, dan modus tindak tutur ekspresif yang digunakan guru kepada siswa dalam aktivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa segmen tutur guru Bahasa Indonesia beserta konteksnya. Data dikumpulkan melalui observasi kelas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik padan pragmatik dan teknik klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya 8 pola bentuk tutur ekspresif yang digunakan oleh guru, termasuk ekspresif ucapan terima kasih, ucapan selamat, penolakan, keluhan, kritik, pujian, kesal, dan ancaman. Semua pola bentuk tindak tutur ekspresif disampaikan secara lisan didukung oleh tindakan non-verbal dalam bentuk gerak tubuh dan intonasi suara. Dalam penelitian ini, ditemukan 8 fungsi tindak tutur ekspresif, seperti mengucap terima kasih, mengucap selamat, mengeluh, menolak, mengkritik, memuji, menyalahkan, dan mengancam. Juga terdapat 4 modus tindak tutur ekspresif, yaitu imperatif, interogatif, deklaratif, dan eksklamatif.