Show simple item record

dc.contributor.authorWULANDARI, Lilik Dwi
dc.date.accessioned2024-09-23T13:22:02Z
dc.date.available2024-09-23T13:22:02Z
dc.date.issued2024-02-20
dc.identifier.nim202410101001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124355
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 23 September 2024en_US
dc.description.abstractWebsite Jombangtravel.id adalah aplikasi promosi dan pemasaran terkait destinasi wisata di Kabupaten Jombang. Tujuan website Jombangtravel.id yaitu mendukung wisata kuliner, mengenalkan oleh – oleh khas Jombang, hotel, akomodasi, dan UMKM serta komunitas ekonomi kreatif. Pertama dirilis pada 1 Mei 2021 dengan total pengguna pada bulan September 2023 sebanyak 818 pengguna. Terdapat permasalahan yang dialami oleh pengguna website Jombangtravel.id ketika akan menambahkan konten memiliki keterbatasan informasi mengenai proses pengiriman konten tersebut dan terdapat beberapa bug terkait ketidaksesuaian waktu penambahan review yang ditampilkan pada website. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna website Jombangtravel.id menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan 5 variabel yang digunakan yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Tujuan kedua untuk mengetahui rekomendasi perbaikan berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) pada kuadran 1. Uji Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas digunakan untuk mengukur keakuratan suatu kuesioner dengan membandingkan rhitung dengan rtabel, apabila angka rhitung lebih besar dari rtabel maka instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas digunakan untuk mengukur keandalan suatu instrumen dengan menggunakan nilai cronbach alpha dan dinyatakan reliabel jika bernilai > 0,6. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif End User Computing Satisfaction (EUCS) dan analisis IPA (analisis kesesuaian, analisis kuadran IPA dan analisis kesesuaian GAP). Hasil analisis data menunjukkan bahwa website Jombangtravel.id belum memenuhi kepuasan pengguna karena memiliki nilai gap cukup tinggi yaitu indikator A1 sebesar -0,89 dan gap paling rendah adalah indikator E1 sebesar -0,33. Terdapat tiga indikator pada kuadran 1 IPA. Rekomendasi yang diberikan penulis pada penelitian ini berdasarkan pada hasil kritik dan saran responden yang selanjutnya divalidasi oleh jurnal serta berdasarkan persetujuan pihak terkaiten_US
dc.description.sponsorshipOktalia Juwita S.Kom., M.MT Karina Nine Amalia, S.Kom., M.Kom.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectEND USER COMPUTING SATISFACTIONen_US
dc.subjectIMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSISen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pengguna Terhadap Website Jombangtravel.id Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Sistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Karina Nine Amalia, S.Kom., M.Komen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record