Kesalahan Siswa Kelas VI dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Muatan Pelajaran PPKN di SDN Kemuning Lor 03 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VI dalam menyelesaikan soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) muatan pelajaran PPKn di SDN Kemuning Lor 03 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Jawaban siswa kelas VI dalam mengerjakan latihan soal PPKn tema 6 serta hasil wawancara dari siswa dan guru kelas VI SDN Kemuning Lor 03 Jember merupakan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas VI SDN Kemuning Lor 03 tahun pelajaran 2021/2022 terdiri dari 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari dokumen soal dan wawancara. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan merupakan langkah-langkah yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini berdasarkan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman (dalam Fitrah Luthfiyah, 2017: 85-86). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 tahapam kesalahan siswa keas VI dalam menjawab soal berbasis HOTS muatan pelajaran PPKn di SDN Kemuning Lor 03 Jember, diantaranya kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep dan kesalahan imajinasi. Faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) muatan pelajaran PPKn kelas VI di SDN Kemuning Lor 03 Jember terbagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor pada diri sendiri dan faktor dari luar.