Pengaruh E-WOM dan Online Customer Review terhadap Customer Trust dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Elektronik Rumah Tangga di Tokopedia
Abstract
Kehadiran E-commerce sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan
pembelian suatu produk. Hal ini mulai menggeser pola serta cara konsumsi
masyarakat, bahkan telah menjadi sebagian dari gaya hidup masyarakat. Tokopedia
merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang menjadi urutan pertama
sebagai e-commerce yang paling banyak digunakan dan memiliki tingkat kesadaran
merek yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E WOM dan online customer review terhadap keputusan pembelian melalui customer
trust baik secara langsung, maupun tidak langsung. Penelitian ini di lakukan di
Jawa Timur pada tahun 2021, dengan Tokopedia sebagai objek penelitian.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi dan sampel
sebanyak 250 responden di Jawa Timur. Sampel diambil menggunakan teknik
purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang
dikumpulkan menggunakan metode cross section. Sumber data diperoleh dari data
primer yang diambil dari kuisioner responden dan data sekunder yang dimbil dari
internet dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara E WOM terhadap customer trust, online customer review terhadap customer trust,
customer trust terhadap keputusan pembelian, E-WOM terhadap keputusan
pembelian, online customer review terhadap keputusan pembelian. Selain itu,
terdapat pengaruh signifikan antara E-WOM terhadap keputusan pembelian melalui
customer trust, serta online customer review terhadap keputusan pembelian melalui
customer trust.