Pengaruh Kepercayaan Dankualitas Layanan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening terhadap Loyalitas Pelanggan Jastip di Platform Instagram pada Eranew Normal
Abstract
Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan
Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Pelanggan Jastip Di
Platform Instagram Pada Era New Normal; Mohammad Raihan Alfarrel;
180810201177; 121 Halaman; Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember.
New Normal adalah di mana manusia harus berdampingan dengan Covid-19,
yaitu hidup sesuai dengan protokol kesehatan, seperti pola hidup sehat dan bersih
serta menggunakan masker selama vaksin belum ditemukan. Tidak adanya
prediksi berakhirnya pandemi membuat masyarakat Indonesia mengalami
perubahan pola hidup. Salah satunya adalah dalam berbelanja. Sebelum terjadinya
pandemi Covid-19 masyarakat Indonesia lebih suka berbelanja ke mall dan
melihat secara langsung, namun pada saat ini masyarakat Indonesia cenderung
berbelanja online. Diperkirakan belanja online akan terus mengalami peningkatan.
Belanja online saat ini sangat digemari banyak pengguna internet. Banyaknya
bisnis di dunia online yang memungkinkan para pengguna internet memanfaatkan
peluang ini untuk bersaing meningkatkan penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh
Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel
Intervening Terhadap Loyalitas Pelanggan Jastip Di Platform Instagram Pada Era
New Normal. Penelitian ini menggunakan 112 responden dengan teknik
pengumpulan purposive sampling dan penelitian dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner melalui google form. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah path analysis.
Penelitian ini menghasilkan 7 hasil penelitian. Yang pertama kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Yang kedua kualita
slayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Yang ketiga
kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Yang
keempat kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan. Yang kelima kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. Yang keenam kepercayaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan. Yang ketujuh kualitas
layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui
kepuasan jastip di platform instagram pada era new normal.