dc.contributor.author | NAUFALIANSYAH, Fauzan | |
dc.date.accessioned | 2024-08-28T02:18:40Z | |
dc.date.available | 2024-08-28T02:18:40Z | |
dc.date.issued | 2023-01-19 | |
dc.identifier.nim | 162410101115 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124284 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 28 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman suku bangsa, agama dan bahasa. Setiap suku
bangsa memiliki adat budaya masing-masing, meliputi: tradisi, cerita rakyat, bahasa, tulisan, dan lain sebagainya.
Seperti halnya suku Sunda, tidak hanya memiliki bahasa secara lisan yaitu bahasa Sunda, ada juga tulisan yaitu
lebih dikenal dengan Aksara Sunda. Seiringnya perkembangan jaman saat ini minat untuk mempelajari bahasa
daerah sangat kurang. Pentingnya sebagai generasi penerus untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak punah.
Pada saat ini untuk mendapatkan pengetahuan dapat dilakukan dimana saja, salah satu pemanfaatan teknologi
sebagai media pembelajaran yaitu game edukasi. Perancangan game edukasi pembelajaran bahasa dan Aksara
Sunda bertujuan untuk meningkatkan minat belajar bahasa Sunda dan Aksara Sunda menggunakan metode Child
Centered Design (CCD). CCD dipilih karena penelitian ini berfokus pada anak-anak sebagai pengguna dari game
edukasi yang akan dirancang. Metode CCD Terdiri dari beberapa tahapan, tahap pertama yakni menentukan
konteks pengguna dan kebutuhan perancangan sistem yang didapatkan dengan melakukan wawancara dan
observasi kepada pengguna yaitu anak berusia 6-8 tahun di SDN 2 Sukatani Garut, wawancara juga dilakukan
kepada orang tua murid, dan guru sekolah, selanjutnya melakukan dilakukan pembuatan desain solusi konsep
desain game edukasi, berawal dari (lo-fidelity) sampai menjadi mockup UI (hi-fidelity). kemudian prototype desain
game edukasi dilakukan evaluasi menggunakan metode System Usability Scale. Hasil evaluasi yang dilakukan
kepada 30 responden, memperoleh nilai yang baik yaitu 82 dengan melihat aspek penilaian dari ini table SUS
Skorpecentilrank penilaian rancangan desain ini mendapatkan Grade A. | en_US |
dc.description.sponsorship | Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI
Januar Adi Putra S.Kom.,M.Kom | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | UI/UX | en_US |
dc.subject | PERANCANGAN | en_US |
dc.subject | CHILD CENTERED DESIGN | en_US |
dc.subject | MOBILE | en_US |
dc.subject | PERMAINAN EDUKASI | en_US |
dc.title | Perancangan UI/UX Permainan Edukasi Pembelajaran Bahasa dan Aksara Sunda Berbasis Mobile Menggunakan Metode Child Centered Design | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Januar Adi Putra S.Kom.,M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |