• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Kesadaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi Kasus : Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.328Mb)
    Date
    2023-01
    Author
    WAHYUDI, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemasaran produk halal di Indonesia semakin berkembang dengan pesat dari tahun ketahun. Saat ini konsumsi produk halal menjadi tren gaya hidup bukan hanya sebagai kebutuhan ditengah masyarakat Indonosia. Makanan dan minuman menjadi produk konsumsi tertinggi, meskipun sektor lain seperti sektor kosmetik, fasion, pariwisata hingga farmasi juga berlomba untuk mengembangkan produk halal. Hal ini menjadi peluang besar bagi perusahaan untuk selalu mengembangkan potensi produk halal yang sesuai syariat islam, sehingga produk halal terus berkembang agar dapat menarik konsumen dalam menciptakan keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, pengetahuan dan kesadaran terhadap keputusan pembelian produk halal pada mahasiswa Program Studi ekonomi Syariah Universitas Jember. Penelitian ini merupakan explanatory research yang memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi yang digunakan yaitu sebanyak 476 mahasiswa Universitas Jember dan yang terpilih menjadi sempel sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu purposive sampling dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh menunjukan bahwa hasil uji validitas pada setiap item pernyataan dalam kuesioner terhadap variabel religiusitas, pengetahuan, kesadaran dan keputusan pembelian, setiap indikatornya mempunyai nilai r hitung >r tabel dan signifikansi < 0,05 atau dapat disimpulkan bahwa setiap pernyataan yang terdapat dalam kuisioner tersebut terbukti valid. Hasil uji t variabel independen secara parsial berpengaruh positif. Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), kesadaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,002 (0,002 < 0,05)
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124263
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository