• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Wayang Kardus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    EMI SUCI AGUSTIN_REPOSITORY SKRIPSI.pdf (2.246Mb)
    Date
    2022-02-06
    Author
    AGUSTIN, Erni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bercerita adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi secara lisan atau tertulis kepada orang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak adalah dengan menggunakan media. Dengan menggunakan media, anak lebih mudah memahami isi cerita yang disampaikan pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita melalui media wayang kardus anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Lembengan Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Lembengan dengan jumlah 10 anak yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap kemmapuan bercerita melalui medi wayang kardus anak usia 5-6 tahun. maka hasil penelitian menyimpulkan bahwa media wayang kardus berpengaruh terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan pada pra siklus nilai skor persentase 45% dengan kategori mulai berkembang (MB), Siklus I nilai skor persentase anak mencapai 55% dengan kategori mulai berkembang (MB), sehingga masih diperlukan perbaikan di Siklus II. Setelah dilakukannya perbaikan di Siklus II terlihat kemampuan bercerita anak meningkat dengan nilai skor persentase mencapai 83,75% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124223
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository