Perencanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di TK Kartika IX-38 Yonif 515 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember
Abstract
Adanya manajemen peserta didik dapat mempermudah sistem
administrasi sekolah mulai dari peserta didik masuk sampai peserta didik
lulus, proses pelaksanaan manajemen peserta didik didasari dengan perencanaan
penerimaan peserta didik. Di dalam perencanaan penerimaan terdapat
analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen peserta didik, dan seleksi peserta
didik. Berbeda dengan hal tersebut, bahwa Kepala Sekolah di TK Kartika IX-38
ternyata masih belum membuat dokumen perencanaan penerimaan peserta
didik. Setiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kepala Sekolah hanya
melakukan proses rekrutmen peserta didik tanpa dengan tercatat dalam bentuk
dokumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan
penerimaan peserta didik baru di TK Kartika IX-38 Yonif 515 Kecamatan
Tanggul Kabupaten Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui perencanaan penerimaan peserta didik baru di TK
Kartika IX-38 Yonif 515 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang
diperoleh yaitu dari ketua yayasan dan kepala sekolah dari TK Kartika IX-38
Yonif 515 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Waktu pelaksanaan penelitian
ini selama bulan Oktober 2021. Metode pengumpulan data yaitu, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perencanaan
penerimaan peserta didik baru di TK Kartika IX-38 Yonif 515 Kecamatan
Tanggul Kabupaten Jember dinilai oleh Ketua Yayasan dan berkoordinasi dengan
Kepala Sekolah. Dalam proses PPDB selanjutnya ketua yayasan menentukan
jumlah calon peserta didik baru berdasarkan jumlah kelas dan murid saat ini. Data diperoleh dari kepala sekolah melalui kondusivitas kelas dengan jumlah peserta
didik yang ada. Kemudian kepala sekolah menyelenggarakan PPDB bersama guru
untuk menyampaikan jumlah target peserta didik baru yang akan ditampung.
Disusul dengan membentuk kepanitiaan yang melibatkan para guru terutama tim
bagian pendaftaran dan bendahara, menentukan desain media promosi seperti
pamphlet dan banner dengan meminta pendapat guru untuk beberapa perbaikan
yang dibutuhkan. Selanjutnya untuk rekrutmen peserta didik dilakukan melalui
sistem door to door untuk mendata anak yang usianya cukup untuk bersekolah TK
di lingkungan Batalyon 515 Tanggul dan dengan cara memasang banner
pendaftaran di depan sekolah juga membagikan pamflet kepada wali murid yang
ada di sekolah.
Pada proses pendaftaran terdapat guru piket yang akan melayani para calon
peserta didik dengan orang tuanya yang akan mendaftar secara bergantian, guru
menjelaskan persyaratan berupa dokumen apa saja yang harus dilampirkan dan
memberikan formulir pendaftaran kepada calon wali murid. Formulir pendaftaran
yang diberikan akan dikembalikan lagi dengan membawa uang pendaftaran
kemudian calon wali murid akan diberikan bukti pembayaran berupa kwitansi.
Data berupa formulir yang dikumpulkan ke sekolah akan di berikan nomor urut
pendaftaran oleh kepala sekolah sebelum memasukkan data calon peserta didik
pada aplikasi DAPODIK. Pada proses seleksi, terdapat 2 jenis seleksi yaitu seleksi
secara promosi dan seleksi tahap perkembangan. Proses seleksi sudah terpola
dalam beberapa kali pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, sehingga tidak
perlu dirapatkan lagi dengan guru dalam proses perencanaan penerimaan peserta
didik baru.
Jadi dapat disimpulkan bahwa perencanaan penerimaan peserta didik baru
sudah mengikuti pola yang sudah berulang kali dilakukan, sehingga tidak ada
pencatatan yang dilakukan oleh sekolah. Walau demikian untuk keperluan
administrasi sekolah, maka perlu adanya pencatatan terhadap perencanaan
penerimaan peserta didik baru.