• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII A SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 KEDUNGJAJANG TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Winda Afrianti D. W_1.pdf (339.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Winda Afrianti D. W.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus dan setiap siklusnya mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pertidaksamaan linear satu variabel. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT diantaranya langkah 1. penomoran, pada langkah ini sudah berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan dan hasil observasi aktivitas siswa yang diamati mendengarkan penjelasan dan instruksi guru pada pembelajaran 1 hinnga pembelajaran 3 mencapai 88,87%, 85,56%, 95,56%, memakai nomor anggota mencapai 97,78%, 97,78%, 98,89%, langkah 2. pengajuan pertanyaan, pada langkah ini juga berjalan dengan baik semua kelompok menerima LKS yang diberikan guru, langkah 3. berfikir bersama, pada pembelajaran 1 langkah ini masih belum bisa berjalan optimal dikarenakan siswa jarang bertanya pada guru dan sulit untuk berdiskusi dengan teman sekelompoknya yang dibentuk oleh guru. Hasil observasi aktivitas siswa yang diamati pada langka ini bertanya pada guru mencapai 56,67%, 64,44%, 77,78%, untuk berdiskusi mencapai 72,22%, 81,11%, 87,78%, dan langkah 4. pemberian jawaban, sama halnya dengan langkah 3 pada pembelajaran 1 langkah ini tidak berjalan secara optimal namun untuk pembelajaran selanjutnya langkah ini sudah bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan hanya saja terdapat satu aktivitas siswa yang terlihat masih rendah yaitu menanggapi teman yang presentasi. Adapun hasil observasi aktivitas siswa yang diamati pada langkah ini respon siswa pada saat nomornya terpanggil mencapai 81,11%, 91,11%, 96,67%, mempresentasikan hasil kerja di depan kelas mencapai 66,67%, 73,33%, 80%, dan menanggapi teman yang presentasi 51,11%, 63,33%, 64,44%. Sehingga didapatkan pada siklus 1 rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 76,51% dan pada siklus 2 rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 85,87%. Pencapaian persentase aktivitas siswa pada siklus 1 termasuk dalam kategori aktif sedangkan pada siklus 2 tergolong sangat aktif. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas guru yang dilakukan oleh guru bidang studi matematika kelas VII A, Persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 83,34% sedangkan pada siklus 2 mencapai 90%. Persentase aktivitas tersebut termasuk dalam kategori sangat aktif. Untuk hasil analisis kentutasan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, pada siklus 1 mencapai 73,33% dengan 8 siswa yang tidak tuntas belajar dari 30 siswa dan pada siklus 2 mencapai 86,67% dengan 4 siswa yang tidak tuntas belajar. Dari pembelajaran yang didapatkan membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12418
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository