Profil Persiapan Guru dalam Mengajarkan Numerasi Berdasarkan Pengalaman Mengajar
Abstract
Pendidikan telah diperharui seiring dengan perkembangan zaman pada saat
ini, maka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolgi pastinya terlebih dahulu
mengalami perkembangan, baik itu di sekolah formal maupun non formal. Hal itu
disebabkan karena kebutuhan akan pendidikan semakin mengingkat seiring arus
globalisasi tersebut. Dengan perkembangan ilmu pengetahua tersebut, maka
kurikulum pun harus mengalami perkembangan kearah yang lebih sesuai dengan
perkembangan zaman supaya pendidikan tidak mengalami ketertinggalan.
Guru saat ini diwajibkan untuk mengajarkan numerasi. Hal ini sesuai dengan
kebijakan Kurikulum Merdeka. Numerasi merupakan hal yang baru bagi mereka
dan kesulitan untuk mengajarkannya. Hal ini yang mendorong peneliti untuk
membuat naskah tesis dengan judul “Profil Persiapan Guru Dalam Mengajarkan
Numerasi”.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa terdapat
perbedaan antara guru yang memiliki pengalaman mengajar yang berdeda dalam
mempersiapkan pembelajaran numerasi. Hasil analisa dalam penelitian ini merujuk
dari sumber yang dikemukakan oleh Yufri (2022). Berikut aspek dan indikator yang
digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian adalah guru yang
memiliki pengalaman mengajar 14 tahun memiliki persiapan mengajar numerasi
yang lebih mendalam terakit model pembelajaran dan penilaian pembelajaran
numerasi. Guru yang memiliki pengalaman mengajar 4 tahun memiliki persiapan
mengajar numerasi yang kreatif karena dalam membuat modul ajar terdapat banyak
ilustrasi yang dapat memudahkannya dalam menyampaikan numerasi kepada
siswa.