• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Genially pada Materi Pemahaman Teks Berita untuk Siswa SMP Kelas VII

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi - Dinda Novalinda 200210402113.pdf (2.973Mb)
    Date
    2024-07-30
    Author
    NOVALINDA, Dinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif teks berita menggunakan bantuan aplikasi Genially, yang dirancang untuk mendukung pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII/Fase D dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif Genially, mengetahui validitas serta respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif Genially. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan PLOMP, yang meliputi tahap Preliminary Phase, Development or Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, validasi, dan angket. Teknik analisis data melibatkan pendekatan deskriptif terhadap data verbal dan data numeral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kebutuhan dan dapat diakses melalui berbagai perangkat dan platform. Validitas dari validator ahli terhadap aspek media pembelajaran interaktif menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kualifikasi “sangat layak” dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Sementara respon siswa kelas VII A dan VII B terhadap aspek keseluruhan media pembelajaran interaktif memperoleh persentase sebesar 89% serta respon sikap siswa secara keseluruhan memperoleh persentase 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mencapai kualifikasi “sangat baik”, mampu memotivasi, membangkitkan minat, rasa ingin tahu, antusiasme, memperluas pengetahuan siswa, dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124118
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository