Pengaruh MODEL Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)
Abstract
Proses pembelajaran abad ke-21 menitikberatkan pada kemampuan siswa
untuk turut aktif mengikuti pembelajaran. Pandangan baru tersebut menyebabkan
adanya perubahan terhadap proses pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru
menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning).
Melalui hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Lumajang
tepatnya di kelas X program keahlian akuntansi dalam mata pelajaran akuntansi
dasar, guru menggunakan model problem based learning ketika pembelajaran
berlangsung. Melalui pengamatan yang dilakukan terlihat siswa kurang percaya
diri dalam memberikan respon yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran
yang telah diterapkan di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1
Lumajang tepatnya dalam mata pelajaran akuntansi dasar dirasa belum bisa
memberikan pengaruh kepada siswa untuk memiliki kemandirian belajar. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
yang signifikan dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap
kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di
SMK Negeri 1 Lumajang (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar
Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2022/2023).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Lokasi penelitian bertempat di
SMK Negeri 1 Lumajang yang beralamat di Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 161,
Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jumlah
responden penelitian yaitu 30 responden yang berasal dari kelas X Akuntansi 1.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode tes,
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
ix
metode wawancara dan metode dokumen. Untuk menguji hipotesis menggunakan
uji Paired Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar
siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang (Studi
Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1
Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Pengaruh tersebut
diperoleh melalui uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test yang
menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 pada variabel kemandirian belajar
siswa. Selain itu pada variabel hasil belajar siswa menunjukkan angka signifikan
sebesar 0,003 < 0,05. Kedua angka tersebut menunjukkan bahwa model
pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemandirian dan hasil
belajar siswa. Selain itu berdasarkan uji N-Gain, model pembelajaran Flipped
Classroom berpengaruh terhadap kemandirian belajar sebesar 57% dan terhadap
hasil belajar sebesar 22% selain itu terdapat beberapa variabel lain yang ikut
mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar selain model pembelajaran
flipped classroom, seperti motivasi, sikap, kebiasaan belajar dan lain sebagainya
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.