• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh MODEL Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.431Mb)
    Date
    2023-01-03
    Author
    FATIMAH, Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran abad ke-21 menitikberatkan pada kemampuan siswa untuk turut aktif mengikuti pembelajaran. Pandangan baru tersebut menyebabkan adanya perubahan terhadap proses pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Melalui hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Lumajang tepatnya di kelas X program keahlian akuntansi dalam mata pelajaran akuntansi dasar, guru menggunakan model problem based learning ketika pembelajaran berlangsung. Melalui pengamatan yang dilakukan terlihat siswa kurang percaya diri dalam memberikan respon yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran yang telah diterapkan di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Lumajang tepatnya dalam mata pelajaran akuntansi dasar dirasa belum bisa memberikan pengaruh kepada siswa untuk memiliki kemandirian belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Lokasi penelitian bertempat di SMK Negeri 1 Lumajang yang beralamat di Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 161, Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jumlah responden penelitian yaitu 30 responden yang berasal dari kelas X Akuntansi 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode tes, DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix metode wawancara dan metode dokumen. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Pengaruh tersebut diperoleh melalui uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test yang menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 pada variabel kemandirian belajar siswa. Selain itu pada variabel hasil belajar siswa menunjukkan angka signifikan sebesar 0,003 < 0,05. Kedua angka tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa. Selain itu berdasarkan uji N-Gain, model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemandirian belajar sebesar 57% dan terhadap hasil belajar sebesar 22% selain itu terdapat beberapa variabel lain yang ikut mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar selain model pembelajaran flipped classroom, seperti motivasi, sikap, kebiasaan belajar dan lain sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124043
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository