• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Derajat Gangguan Pendengaran dengan Kualitas Hidup Siswa SLB Negeri Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Main Article (208.5Kb)
    Date
    2023-03-20
    Author
    HIDAYAT, Aldy Bachtiar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Gangguan pendengaran merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh faktor genetik, kelainan anatomi, trauma pada telinga dan kepala, obat-obatan ototoksik, dan meningitis bakterial. Orang dengan gangguan pendengaran dapat memiliki keterbatasan fisik, intelektual dan mental yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan mempengaruhi kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan derajat gangguan pendengaran dengan kualitas hidup siswa tunarungu di SLB Negeri Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan derajat gangguan pendengaran dengan kualitas hidup siswa tunarungu di SLB Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, kemudian dilakukan pemeriksaan audiometer dan survei angket. Penelitian ini menggunakan kuesioner Pediatric Quality of Life Inventory (PEDS-QLTM). Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman. Interpretasi hasil dianggap memiliki korelasi yang signifikan jika p value < 0,05. Hasil Berdasarkan uji analisis statistik menggunakan Spearman's rank, hubungan antara derajat gangguan pendengaran dan fungsi fisik siswa gangguan pendengaran di SLB Negeri Jember menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,184. Hubungan derajat gangguan pendengaran dengan fungsi emosional diperoleh hasil sebesar 0,005. Hubungan derajat gangguan pendengaran dengan fungsi sosial menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,561. Hubungan derajat gangguan pendengaran dengan keberfungsian sekolah menunjukkan nilai signifikansi 0,016. Hasil tersebut dianggap memiliki korelasi yang signifikan jika p value < 0,05. Kesimpulan variabel derajat gangguan pendengaran dengan fungsi fisik dan sosial pada siswa tunarungu di SLB Negeri Jember menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123932
    Collections
    • UT-Faculty of Medical [1535]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository