Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA
Abstract
Pembelajaran secara efektif dan efisien dapat membantu siswa menangkap informasi pembelajaran dengan lebih cepat. Berdasarkan temuan wawancara dengan instruktur mata pelajaran geografi dan observasi langsung di sekolah, metode pembelajaran tradisional dalam pembelajaran geografi masih kurang efektif dalam mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan komunikasi siswa, dibuktikan dalam menjawab sebuah pertanyaan masih berpatokan pada buku dan berbagai sumber lain sehingga kurang adanya variasi isi menjawab sebuah pertanyaan dan kurang tertarik terhadap kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas. Mengingat permasalahan tersebut, pembelajaran otonom sebagai jenis pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam meningkatkan komunikasi dan tujuan pembelajarannya. Siswa dapat mencapai tujuan akademik di kelas dengan bantuan paradigma pembelajaran mandiri. Siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasinya dengan mengatasi kesulitan hasil belajar melalui hubungan antara pendidikan geografi dan penggunaan model self-directed learning. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh paradigma self-directed learning terhadap hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa.