Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dalam abad ke-21 untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan berkonstribusi dalam kehidupan masyarakat. Namun, faktanya kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design yang berlokasi di SMPN 1 Pakuniran pada siswa kelas 7. Berdasarkan hasil analisis data, tes normalitas menggunakan Shapiro Wilk memperoleh skor 0,259 untuk kelas eksperimen dan 0,064 untuk kelas kontrol (p value>0,05), uji independent sample t-test memperoleh skor sebesar 0,000 (sig.≤0,05) dan uji t-pihak kanan memperoleh skor 18,833 > 1,725. Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif.