Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZ, Abdul
dc.date.accessioned2024-08-13T02:51:36Z
dc.date.available2024-08-13T02:51:36Z
dc.date.issued2024-05-25
dc.identifier.nim200210204153en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123698
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 13 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractTuntutan yang harus dicapai dalam pembelajaran pada abad ke-21 yaitu mengharuskan kegiatan pembelajaran mampu menerapkan kemampuan 4C yang meliputi critical thingking, communication, collaboration, creativity agar siswa mampu mengusai konsep pembelajaran dengan baik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengamatan sebelum tindakan diketahui bahwa indikator kemampuan komunikasi pada menyampaikan ide atau pemikiran terdapat 16 siswa dengan ketegori tidak baik dengan persentase 28,12% kemudian pada indikator menggunakan tata bahasa yang baik dan benar 25% terdapat pada kategori tidak baik, kemudian pada indikator cara menyampaikan peserta didik cukup tenang dan percaya diri 28,12% terdapat ketegori tidak baik, pada indikator kemampuan dalam menulis kembali terkait dengan pemahaman materi yang di sampaikan 46,87% terdapat kurang baik, kemudian pada indikator kerapian tulisan sebesar 37,5% terdapat kategori tidak baik, dan secara keseluruhan kemampuan komunikasi secara klasikal berada pada 36,87% dengan kategori tidak baik. Selain itu hasil belajar data dokumen yang didapat di kelas IV SDN 1 Kalisari Banyuglugur Situbondo berupa ulangan harian siswa dapat dinyatakan persentase 18.75% sebanyak 3 siswa dinyatakan tuntas sedangkan dengan persentase 81.25% sebanyak 13 siswa dinyatakan tidak tuntas sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang berlaku yaitu 75 serta didapatkan hasil belajar klasikal yaitu persentase 34.13% dengan kategori kurang. Permasalahan yang terdapat dikelas maka akan diselesaikan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu suatu model belajar dimana titik awalnya berasal dari pemberian permasalahan yang nyata. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan komunukasi dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Kalisari Banyuglugur setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN 1 Kalisari Banyuglugur melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN 1 Kalisari Banyuglugur. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas IV SDN 1 Kalisari Banyuglugur dengan jumlah 16 siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, domentasi, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat menjadikan siswa lebih aktif, dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau belajar secara mandiri serta dengan diintegrasikan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa dibuktikan pada prasiklus kemapuan komunikasi pesentase 36,87% kemudian meningkat pada siklus 1 dengan persentase 59,7% kemudian semakin meningkat kembali pada siklus 2 dengan persentase 83,13. Hasil belajar pada pra siklus persentase rata-rata 34,13% kemudian meningkat pada siklus I dengan persentase rata-rata hasil belajar 70.625% kemudian semakin meningkat kembali pada siklus II dengan persentase rata-rata sebesar 84.31%.diharapkan dapat lebih mengasah kemampuannya dalam pembelajaran IPAS khususnya materi gaya di sekitar dan berusaha mengembangkan kemampuan komunikasinya. Bagi guru diharapkan untuk dapat lebih banyak menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti model Problem Based Learning (PBL).en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Agustiningsih, S.Pd., M.Pd Pembimbing Anggota Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOMUNIKASIen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAS BAB 3en_US
dc.titlePenerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Bab 3 Gaya di Sekitar Kita Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisari Banyuglugur Situbondoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.identifier.validatorKacung- 12 Agustus 2024en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record