• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar ABK di Kabupaten Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (3.261Mb)
    Date
    2023-09-27
    Author
    INDIRA, Fanny Aprilia Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki keterbatasan baik secara fisik maupun mental sehingga perlu penanganan khusus yang berbeda dari anak pada umumnya. Sebagai anak yang masuk dalam kategori kelompok rawan, tentunya ABK memerlukan pendampingan khusus, terlebih ketika proses pembelajaran baik ketika di sekolah dan di rumah. Dikarenakan pihak sekolah tentunya memiliki keterbatasan dalam kegiatan pendampingan siswa, maka orang tua perlu dilibatkan dalam pendampingan ABK. Terlebih ketika ABK berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumah di mana penerimaan terhadap hadirnya ABK akan menciptakan lingkungan yang inklusif. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam pendampingan belajar ABK di sekolah dan rumah serta ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yakni di SDLBN Badean Bondowoso. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan yakni jenis purposive sampling karena peneliti telah menentukan karakteristik tertentu pada informan. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan tiga cara seperti yang telah dijelaskan Creswell yakni mengorganisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori peran keluarga yang dikemukakan oleh William J. Goode.Hasil penelitian ini adalah peran orang tua dalam pendampingan belajar di sekolah mayoritas dilakukan oleh kaum ibu, mulai dari mengantar dan menemani ABK hingga pulang sekolah, menyiapkan sarapan dan makan ABK ketika jam istirahat, dan ketika ABK sedang berada dalam kondisi emosional yang tidak stabil (tantrum) maka orang tua diperkenankan masuk ke dalam kelas agar anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan kondusif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123678
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository