• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Orang Tua dalam Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Media Edukasi Perkembangan Keterampilan Anak Usia 2-4 Tahun di KB Yasmin Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY_Rachel Ageng Pradnya Pritarani_190210201074.pdf (1.336Mb)
    Date
    2023-08-25
    Author
    PRITARANI, Rachel Ageng Pradnya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kegiatan bermain dibutuhkan alat untuk bermain, alat permainan yang dimaksud adalah yang mengacu kepada alat permainan edukasi. Alat permainan edukasi dapat dibuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar seperti dari limbah plastik. Namun masih banyak orang tua yang menyediakan APE untuk anaknya dengan cara membeli. Karena masih banyak juga orang tua yang tidak setuju jika anaknya diberi alat permainan edukasi dari limbah plastik salah satunya orang tua anak-anak di KB Yasmin Kabupaten Jember, karena menurut para orang tua limbah plastik kurang bersih. Penelitian ini untuk mengetahui besarnya hubungan antara persespi orang tua dalam pemanfaatan limbah plastik sebagai media edukasi perkembangan keterampilan anak usia 2-4 tahun di KB Yasmin Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan responden yang berjumlah 20 orang yang di ambil melalui population sampling. beserta indikatornya dianalisis dengan rumus korelasi Rank Spearman atau tata jenjang. Pada variabel persepsi orang tua secara keseluruhan masuk dalam kategori kuat karena nilai r-hitung variabel persepsi orang tua sebesar 0,734 dengan skor koefisien determinasi sebesar 55,20%. Pada indikator penyerapan terhadap rangsangan diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,584 dengan skor koefisien determinasi sebesar 34,10%, sehingga dari hasil tersebut indikator penyerapan terhadap rangsang masuk dalam kategori sedang. Pada indikator pemahaman diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,528 dengan skor koefisien determinasi sebesar 27,87%, sehingga dapat diketahui bahwa indikator pemahaman masuk dalam kategori sedang. Pada indikator penilaian atau evaluasi memperoleh nilai r-hitung sebesar 0,818 dengan jumlah skor koefisien determinasi sebesar 66,91%, sehingga dapat diketahui bahwa indikator penilaian masuk dalam kategori sangat kuat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123562
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15513]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository