Show simple item record

dc.contributor.authorISTIQOMAH, Nurul
dc.date.accessioned2024-08-12T06:53:34Z
dc.date.available2024-08-12T06:53:34Z
dc.date.issued2023-09-15
dc.identifier.nim190210204006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123549
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 12 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractKurikulum merdeka mempunyai tujuan agar dapat mengasah minat dan bakat siswa yang fokusnya adalah materi esensial, mengembangkan karakter serta kemampuan siswa. Kurikulum merdeka belajar mempunyai beberapa karakteristik utama yakni pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangangkan softskill siswa. Kurikulum ini mulai dilaksanakan tahun 2022 di seluruh satuan pendidikan mulai dari jenjang PAUD/ TK, hingga SMA/ SMK/ Sederajat. Kurikulum merdeka berikaitan erat dengan penguatan pendidikan karakter terhadap siswa. Pendidikan karakter dapat dihasilkan melalui berbagai kebijakan kemendikbud dalam mewujudkan pelajar Pancasila. Pembelajaran berbasis karakter dapat diterapkan melalui model PBL berbantuan media audio visual. Hasil observasi pada kelas IV di SDN Dabasah 3 Bondowoso menunjukkan bahwa pada pembelajaran kurikulum merdekan belum menerapkan model PBL berbantuan media audio visual. Berdasarkan hal tersebut, maka dilaksanakan uji coba model PBL berbantuan media audio visual terhadap sikap berkebhinnekaan global siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPAS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap dimensi berkebhinnekaan global siswa kelas IV di SDN Dabasah 3 Bondowoso pada mata pelajaran IPAS? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pola control group design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, penilaian berupa skala sikap, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Dabasah 3 Bondowoso mulai tanggal 9 Juni sampai 24 Juni 2023. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berumlah 50 siswa. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung = 1,211. Hasil thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui df = (24 + 26) - 2 = 48 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,677. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa hasil thitung < ttabel yaitu 1,211 < 1,677, sehingga kedua kelas tersebut dapat dinyatakan sebagai kelas yang homogen. Selanjutnya, menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, kelas IV A dijadikan kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan media audio visual, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa model kooperatif tipe learning together berbantuan media gambar sebagai pembanding. Kedua kelas melaksanakan pretest terlebih dahulu sebelum diberikan perlakuan. Hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai > (17.513 > 1.677). selain itu didukung dari perbedaan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 96,70, sedangkan untuk kelas kontrol menunjukkan hasil sebesar 76,57. Berdasarkan data tersebut dapat dismpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PBL berbantuan media audio visual terhadap dimensi berkebhinnekaan global siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Saran bagi guru, model PBL berbantuan media audio visual dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran di kurikulum merdeka, sehingga dapat membantu dan meningkatkan sikap profil pelajar Pancasila siswa yang ada pada dimensi berkebhinnekaan global. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan penelitian selanjutnya, agar hasil dari penerapannya dapat lebih maksimal dan dapat menambahkan alokasi waktu ketika pembelajaran berlangsung.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Anggota Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectMEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.subjectBERKEBHINNEKAAN GLOBALen_US
dc.subjectKURIKULUM MERDEKAen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap Dimensi Berkebhinnekaan Global Siswa Kelas IV di SDN Dabasah 3 Bondowoso Mata Pelajaran IPASen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record