Efektivitas Penerapan Teknik Time Out Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Kelompok A di TKMNU Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Abstract
Disiplin adalah sikap yang membuktikan kepatuhan pada aturan yang
telah ditentukan oleh guru, orang tua atau pemimpin. Watak disiplin akan muncul
jika mendidik anak melalui ketertiban hidup sehari-hari. Adapun aspek yang
digunakan dalam penelitian kelompok A diantaranya keaktifan dalam belajar,
ketaatan terhadap peraturan, ketepatan waktu. Time out adalah cara untuk
menghapus perilaku negatif anak dengan cara memberikan kesempatan untuk
menenangkan dirinya ataupun memikirkan ulang kesalahan yang telah dibuat.
Anak akan diberikan waktu sekitar 1-3 menit untuk merenungkan kesalahan yang
telah anak perbuat.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian
ini adalah: Bagaimanakah efektivitas penerapan time out untuk meningkatkan
kedisiplinan anak kelompok A di TKMNU Sunan Giri Kecamatan Balung
Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini yakni guna memahami efektivitas
penerapan time out untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A di
TKMNU Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di TKMNU Sunan Giri Balung. Anak-anak
kelompok A dari TKMNU Sunan Giri Balung yang berjumlah 107 anak dijadikan
sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan desain non equivalent
control group design dalam penelitian quasi-experimental. Teknik sampel yang
digunakan adalah convenience sampling. Teknik pengumpulan data adalah
observasi. T-test Sample Independent adalah analisis data yang dipakai dalam
penelitian kuantitatif ini.
Menurut temuan penelitian, penerapan teknik time out efektiv pada anak
kelompok A di TKMNU Sunan Giri Balung yang memiliki rata-rata nilai pretes 66 dan nilai posttest 76. Menurut temuan penelitian, penerapan teknik time out
efektiv pada anak kelompok A di TKMNU Sunan Giri Balung yang memiliki
rata-rata nilai pretes 66 dan nilai posttest 76. Diperoleh hasil yang telah dianalisis
dengan bantuan SPSS versi 22 yaitu sebesar 3,367 hasil yang diperoleh kemudian
dikonsultasikan dengan dengan ttabel. Untuk hasil dari ttabel yaitu 2,048. Ketentuan
signifikansi adalah thitung>ttabel maka dapat ditulis 3,367 > 2,048. Temuan ini
menunjukkan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima dan hipotesis nol H0 ditolak,
yang menunjukkan ada efektivitas penerapan teknik time out untuk meningkatkan
kedisiplinan anak kelompok A di TKMNU Sunan Giri Balung. Maka hasil
penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan dari
penerapan teknik time out untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A di
TKMNU Sunan Giri Balung.
Beberapa saran yang dapat diberikan kepada guru adalah teknik time out
sangat berguna untuk menghilangkan perilaku-perilaku buruk anak di PAUD
karena dapat meningkatkan perilaku yang baru untuk mengganti perilaku lama.