Hubungan antara Penerapan Aksara Pegon Ddengan Kemampuan Baca Tulis Arab Warga Belajar di TPQ Al Mubarokah Jember
Abstract
Pada tahun 2021, Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI)
mengadakan ujian serentak bagi warga belajar yang akan mengikuti wisuda yaitu pada
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) kelas 5. Ujian kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya
tahun yang biasanya menggunakan bahasa Indonesia yang ditulis dalam bahasa latin, namun pada ujian ini menggunakan Pegon
naskah, yang menghambat warga belajar dalam menyelesaikan soal-soal ujian. Sebagai sebuah perkembangan
bagi warga belajar, proses pembelajaran Al-Qur'an di Al Mubarokah Jember
Education Park menerapkan pembelajaran aksara Pegon untuk mempersiapkan tantangan agar
warga belajar mampu membaca dan menulis serta memahami penggunaan aksara Pegon
dalam persiapan menyelesaikan ujian munaqosah berikutnya. Penelitian ini menggunakan
penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil perhitungan
diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,865 dengan signifikansi 0,000 dengan
r tabel ditemukan sebesar 0,316 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara
penerapan aksara pegon dengan keterampilan membaca dan menulis bahasa arab siswa
belajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Mubarokah Jember dibuktikan dengan
r-hitung> r-tabel.