• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Pembelajaran Chatbot terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis di Kelas 2 SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Tugas Akhir Adisty Pyrenia (4.791Mb)
    Date
    2024-01-16
    Author
    PYRENIA, Adisty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pesatnya perkembangan globalisasi pada abad ke-21 biasanya ditandai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan hubungan dan keterbukaan antar bangsa di seluruh dunia melalui pendidikan. Oleh karena itu, para peneliti ingin menerapkan media chatbot sebagai media pembelajaran interaktif dalam penelitiannya. Itu Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikan penerapan chatbot media terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimental penelitian menggunakan desain kelompok kontrol posttest-only. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 tepatnya di SMAN 3 Jember. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode uji homogen, acak dipilih untuk memperoleh kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut Uji Independent Sample T-test minat belajar diperoleh hasil Sig. (2 ekor) dari tes Mandiri sebesar 0,000. Jadi sesuai dengan ketentuan yang ada, jika Nilai Uji Independen dikatakan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat a pengaruh signifikan media pembelajaran chatbot terhadap minat belajar fisika. Sedangkan pada data hasil belajar Man-Whitney U-Test non parametrik. Hasil uji Non Paramentrik menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari chatbot media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. kesimpulan mengenai keberadaannya adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15513]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository